CBT Smart

Ini adalah Presentasi Microsoft Office yang disematkan, didukung oleh Office Online . Test berbasis komputer (Computer Based Test/C... thumbnail 1 summary


Test berbasis komputer (Computer Based Test/CBT) merupakan tes yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Tes berbasis komputer ini tidak lagi menggunakan kertas, baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Test berbasis komputer banyak digunakan pada penerimaan mahasiswa baru, penerimaan pegawai.
Komputerisasi Ujian bisa dilihat dari sudut pandang tentang hadirnya sebuah kesempatan baru untuk pengembangan suatu produk berbasis IT, UN CBT (Computer Based Test) akan membuat masyarakat berbondong-bondong untuk memulai mempersiapkan diri dalam menghadapinya, sebut saja sistem Try Out Ujian Nasional, Ulangan Harian, Ulangan Kenaikan Kelas, yang sebelumnya dilakukan secara manual mengikuti cara pelaksanaan UN nantinya juga akan beradaptasi dengan model pelaksanaan Ujian yang berbasis komputer.
Sebagaimana kebijakan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia dalam pelaksanaan Ujian Nasional, yang mana pada masa yang akan datang mewajibkan seluruh sekolah tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat wajib melaksanakan Ujian Nasional dengan moda berbasis komputer (UNBK) seiring dengan tuntutan pemerintah yang menginginkan adanya peningkatan mutu proses dan hasil dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Atas dasar itu kemudian dilaksanakannya Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan Ujian Nasional yang menghasilkan point-point penting berikut;


Kebijakan tentang Ujian Nasional dan Ujian Sekolah
1.       Ujian Nasional tetap dilaksanakan.
2.       Ujian   Sekolah   ditingkatkan   mutunya menjadi  USBN      (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) untuk beberapa mata pelajaran.
3.       Memperluas pelaksanaan berbasis komputer, baik UN maupun USBN.

Dari poin RAKOR di atas dapat disimpulkan bahwa pemerintah menginginkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan atau Ujian Sekolah Berstandar nasional (USBN) menggunakan moda Ujian Berbasis Komputer.

No comments

Post a Comment